.

About this Blog

....
If you want to do something and you feel it in your bones that it’s the right thing to do, do it. Intuition is often as important as the acts... ^_^

Senin, 24 September 2012

Arti Lambang Gerakan Pramuka ( Tunas Kelapa )



Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
                Hayy guys,, disini saya mau bahas mengenai Lambang Gerakan Pramuka, tepatnya yaitu Tunas Kelapa... Sebenarnya pengertian lambang gerakan pramuka itu sendiri apa sihh..?? Kemudiann kenapa harus dilambangkan dengan tunas kelapa.. Kenapa ga pohon cemara, pohon nangka... hemm,, kita sebagai salah satu anggota pramuka harus tau dung alasannya. Agar jiwa kita itu benar” menjadi pramuka sejati... cie ilehhh...
                Lambang gerakan pramuka itu merupakan tanda pengenal tetap yang mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan  Pramuka. Lambang ini sebenarnya adalah gambar bayangan ( silhoutte ) tunas kelapa yang diciptakan oleh amarhum Bapak SOENARDJO ATMODIPURO dan mulai digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961. Yaitu pada saat Panji GerakanPendidikan kepanduan Nasional Indonesia yang dianugrahkan kepada Gerakan Pramuka oleh Ir. Soekarno yang menjabat sebagai Presiden RI pada masa itu ( sebagai Ka Mabinas ).
                Sesuai dengan keputusan Kwartir Nasional no.06/KN/72 tanggal 31 Januari 1972, tentang Lambang Gerakan Pramuka Indonesia. Maka gambar silhoutte tunas kelapa mempunyai makna dan kiasan sbb :
  1. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Ini mengandung arti Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia (tunas penerus bangsa).
  2. Buah nyiur dapat bertahan lama. Ini mengandung arti, Pramuka adalah orang yang jasmani dan rohaninya kuat, ulet, sehat, dan besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan hidup untuk mengabdi pada Nusa dan Bangsa Indonesia.
  3. Nyiur dapat tumbuh dimana saja. Ini mengandung arti, Pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi sekelilingnya.
  4. Nyiur tumbuh menjulang tinggi ke atas. Ini mengandung arti, setiap Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi, mulia, dan tetap tegak, tidak mudah terombang-ambing oleh apa pun.
  5. Akar nyiur tumbuh kuat dan kokoh. Mengandung arti, Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat, dan dilandasi sifat kebaikan dan rasa kebenaran.
  6. Nyiur merupakan pohon yang serba guna. Ini mengandung arti, Pramuka berguna bagi nusa, bangsa dan agama.
  7. Lambang keris melambangkan senjata tradisional Jawa Tengah
  8. Lambang 10 api yang berkobar melambangkan dasadarma
  9. Padi dan kapas melambangkan kesuburan dibidang pangan dan sandang
  10. Kode daerah melambangkan daerah kota daerah
  11. Nama kabupaten melambangkan kota cabang
  12. Bintang melambangakan 5 sila pancasila
Teman-teman tau gag,,, Lambang Gerakan Pramuka itu digunakan untuk dan kapan yahh..?? Berikut keterangannya :
  • Lambang Gerakan Pramuka dapat dipergunakan pada Panji, Bendera, Papan Nama Kwartir / Satuan, Tanda Pengenal dan alat administrasi Gerakan Pramuka
  • Penggunaan lambang tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan dan menanamkan sifat dan keadaan seperti yang termaktub dalam arti kiasan lambang Tunas Kelapa itu pada setiap anggota Gerakan Pramuka.
  • Setiap anggota Gerakan Pramuka diharapkan mampu mengamalkan dan mempraktekkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya kepada masyarakat di sekelilingnya. Sebab generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka diharapkan kelak mampu menjadi kader pembangunan yang berjiwa Pancasila.

Nahh,, buat kalian yang cinta Negara jadilah anak pramuka dengan kode kehormatan yang sesuai.
Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb


0 komentar:

Posting Komentar

clock

Popular Posts