.

About this Blog

....
If you want to do something and you feel it in your bones that it’s the right thing to do, do it. Intuition is often as important as the acts... ^_^

Senin, 24 September 2012

Tanda Kecakapan Umum (TKU) dalam Pramuka



Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

            Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWt, karena atas segala kemurahannya, saya masih sempat dan diijinkan mengunjungi blog saya ini. Hehhe.. J
            Disini saya akan menjelaskan sedikit saja mengenai apa itu TKU. Buat teman-teman mungkin gag asing yahh dengan istilah itu. Tapi kalau disruh untuk menjelaskan bisa apa gag nihh..??? Saya sedikit mengingatkan saja yahh....


TKU (Tanda Kecakapan Umum) adalah bagian dari sistem tanda kecakapan dalam Gerakan Pramuka di samping TKK (Tanda Kecakapan Khusus). Tanda Kecakapan Umum diberikan setelah seorang anggota Gerakan Pramuka menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dalam tingkatannya masing-masing. Tanda Kecakapan Umum hanya berlaku bagi anggota Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
Berikut adalah uraian mengenai bentuk, tingkatan, dan pemakaian TKU..
1.  Pramuka Siaga
  • Berbentuk Jajar Genjang miring berwarna dasar hijau dengan gambar “bunga kelapa” berwarna putih.
  • TKU Pramuka Siaga terdiri atas: TKU Siaga mula (satu susun), TKU Siaga bantu (dua susun) dan TKU Siaga tata (tiga susun).
  • TKU Pramuka Siaga dikenakan di lengan baju sebelah kiri.
2.  Pramuka Penggalang
3.  Pramuka Penegak
4.  Pramuka Pandega

0 komentar:

Posting Komentar

clock

Popular Posts