.

About this Blog

....
If you want to do something and you feel it in your bones that it’s the right thing to do, do it. Intuition is often as important as the acts... ^_^

Jumat, 21 September 2012

Metode Harga Pokok Pesanan ( 12 )



Assalamu ‘alaikum Wr.Wb



Okeyy guys,,, sekarang kita akan melanjutkan materi . Bagaimana dengan materi” yang sebelumnya..?? Teman” sudah  paham belum,, ya ntar tanya” saja ya lewat komentar dibawah juga bisa... Soalnya sebelum lanjut ke materi, teman-teman juga harus  paham dulu dasar”nya.. Daripada kalian ntar bingung di tengah jalan. Mending dari sekarang tanya” dulu buat yang belum jelas.

                Seperti disebutkan di muka, kegiatan pokok perusahaan manufacture adalah mengolah bahan baku menjadi produk untuk kemudian dijual.  Artinya transaksi yang menyangkut biaya pembuatan produk merupakan bagian dari kegiatan dalam siklus akuntansi perusahaan manufactur. Dari kegiatan akuntansi dalam perusahaan manufactur, dihasilkan Laporan Biaya Produksi  dan Laporan Keuangan. Dalam bab ini lebih dulu dibahas mengenai prosedur pencatatan biaya produksi menurut metode HARGA POKOK PESANAN. 


Kelengkapan yang diperlukan dalam penerapan metode harga pokok pesanan , antara lain :

1.       Buku jurnal pembelian
Tempat mencatat transaksi pembelian bahan baku, bahan penolong, dan barang-barang lainnya.
2.       Buku jurnal pemakaian bahan baku
Tempat mencatat harga pokok bahan baku yang dipakai (biaya bahan baku) dalam suatu periode tertentu.
3.       Kartu Harga Pokok produk
Tempat mencatat biaya produksi untuk tiap jenis produk, kartu tersebut berfungsi sebagai buku pembantu (rincian) harga pokok barang dalam proses
4.       Buku jurnal umum,
Dalam pencatatan biaya produksi berfungsi sebagai tempat mencatat pembebanan biaya overhead pabrik, harga pokok produk selesai dan harga pokok produk dalam proses akhir periode.
5.       Buku jurnal khusus lainnya
Seperti jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, dan jurnal pengeluaran kas.

6.       Kartu sediaan bahan baku, kartu piutang, dan kartu hutang sebagai buku pembantu.

0 komentar:

Posting Komentar

clock

Popular Posts