.

About this Blog

....
If you want to do something and you feel it in your bones that it’s the right thing to do, do it. Intuition is often as important as the acts... ^_^

Kamis, 20 September 2012

Penggolongan biaya ( 5 )




Assalamu ‘alaikum Wr.Wb..



Penggolongan biaya dalam Perusahaan Manufaktur,



1.    Berdasarkan fungsi pokok Perusahaan :

a.       Biaya produksi : biaya-biaya yang terjadi dalam hubungannya dengan proses pengolahan bahan baku menjadi produk yang siap untuk dijual. Kemudian biaya produksi dikelompokkan lagi menjadi Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja, dan Biaya Overhead Pabrik.

b.      Biaya pemasaran : biaya-biaya yang terjadi dalam hubungannya dengan usaha memperoleh pesanan dan memenuhi pesanan. Contohnya biaya karyawan bagian penjualan, biaya promosi, komisi penjualan, biaya angkutan barang ke luar.


c.       Biaya administrasi dan umum : biaya-biaya yang terjadi dalam hubungannyadengan pengaturan, pengawasan, dan tata usaha organisasi perusahaan yang bersangkutan. Misalnya gaji pegawai bagian administrasi dan tata usaha kantor, gaji direksi, gaji pegawai bagian akuntansi, biaya perlengkapan kantor, dll.

2.    Penggolongan biaya berdasarkan hubungannya dengan volume kegiatan

a.       Biaya tetap / konstan : biaya yang sampai tingkat kegiatan tertentu jumlahnya tetap, tidak terpengaruh oleh perusahaan volume kegiatan. Termasuk ke dalam golongan biaya tetap antara lain biaya penyusutan aktiva tetap, pajak bumi dan bangunan, biaya sewa, biaya asuransi, dll.

b.      Biaya variabel : biaya yang jumlahnya berubah  sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Termasuk ke dalam golongan ini adalah biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung, tenaga listrik, dan uang lembur.


c.       Biaya semi variabel : biaya” yang mempunyai unsur-unsur tetap dan variabel, oleh karena itu biaya ini sering disebut Biaya Campuran. Contohnya : biaya pengawasan, biaya pemeriksaan , jasa bagian pengajian, jasa bagian kalkulasi, biaya perbaikan mesin, dll.


0 komentar:

Posting Komentar

clock

Popular Posts